27 Jan 2011

Uniknya Teru-Teru Bōzu

Diposting oleh Drina at 07.30

Awalnya saya browsing di google untuk mencari referensi cerpen yang akan saya buat. Kebetulan referensi itu berhubungan dengan Jepang dan segala sesuatu yang ada di Jepang. Dan  saya menemukan sesuatu yang unik di salah satu situs yang saya kunjungi.

Pernah dengar tentang boneka Teru bōzu yang terkenal di Jepang itu? Teru bōzu adalah boneka buatan tangan dengan bahan kertas atau kain putih, yang kemudian diisi kapas dan diikat menyerupai kepala botak. Boneka ini biasanya digantung di luar jendela dalam sebuah spring. Masyarakat jepang, khususnya petani, menjadikan boneka tsb sebagai jimat penangkal hujan. Mereka percaya bahwa Teru bōzu memiliki kekuatan magis untuk mendatangkan cuaca cerah dan mencegah terjadinya hujan.


Sebuah mitos berkembang di masyarakat mengenai Teru bōzu. Dikatakan bahwa dulu di Jepang terjadi musim hujan yang berkepanjangan sehingga merusak tanaman dan membuat para petani gagal panen. Saat itu ada seorang biksu yang berjanji kepada petani untuk menghentikan hujan dan mendatangkan cuacai cerah. Namun karena tak berhasill menepati janjinya tersebuti maka ia pun dihukum mati. Lihat saja bentuk Teru bōzu yang tergantung dengan tali yang melilit di lehernya hihihihi.....


Ada sebuah Warabe uta (sajak kanak-kanak yang biasanya dinyanyikan tanpa instrumen) yang sangat terkenal di Jepang. Sebuah Warabe uta yg diberi karya Kyoson Asahara dan disusun oleh Shinpei Nakayama yang di rilis pada tahun 1921. Warabe uta ini sering dinyanyikan dalam permainan tradisional. Beginilah liriknya:

Japanese:
て る てる ぼうず, てる ぼうず 明日 天気 に し て おくれ いつか の 夢 の 空 の よう に 晴れたら 金 の 鈴あげよ

て るてるぼう ず、てるぼうず 明日天気にしておくれ 私の願いを聞いたなら 甘いお酒をたんと飲ましょてるてる ぼうず, てる ぼうず 明日 天気 に し て おくれ 私 の 願い を 聞いた なら 甘い お 酒 を たんと 飲ましょ

てるてるぼう ず、てるぼうず 明日天気にしておくれ それでも曇って泣いてたら そなたの首をちょんと切るぞてる てる ぼうず, てる ぼうず 明日 天気 に し て おくれ それ でも 曇っ て 泣い てたら そ なた の 首 をちょん と 切る ぞ



Romaji:
Teru-Teru-bōzu, bōzu Teru
Ashita tenki ni shite o-kure Ashita Tenki ni shite o-Kure
Itsuka no yume no sora no yō ni Itsuka no yume no sora ni yo
Haretara kin no suzu ageyo Haretara ada kerabat ageyo Suzu

Teru-teru-bōzu, teru bōzu Teru-Teru-bōzu, bōzu Teru
Ashita tenki ni shite o-kure Ashita Tenki ni shite o-Kure
Watashi no negai wo kiita nara Watashi no Negai wo kiita nara
Amai o-sake wo tanto nomasho Amai o-demi tanto wo nomasho

Teru-teru-bōzu, teru bōzu Teru-Teru-bōzu, bōzu Teru
Ashita tenki ni shite o-kure Ashita Tenki ni shite o-Kure
Sorete mo kumotte naitetara Sorete mo kumotte naitetara
Sonata no kubi wo chon to kiru zo Sonata ada chon wo Kubi untuk zo kiru



English:
Teru-teru-bozu, teru bozu
Do make tomorrow a sunny day
Like the sky in a dream sometime
If it's sunny I'll give you a golden bell

Teru-teru-bozu, teru bozu
Do make tomorrow a sunny day
If you make my wish come true
We'll drink lots of sweet rice wine

Teru-teru-bozu, teru bozu
Do make tomorrow a sunny day
But if it's cloudy and you are crying (i.e. it's raining)
Then I shall snip your head off



Indonesia:
Teru-Teru-bozu, Teru bozu
Jangan membuat esok hari yang cerah
Seperti langit dalam mimpi kapan-kapan
Jika cuaca akan cerah aku akan memberimu sebuah lonceng emas

Teru-Teru-bozu, Teru bozu
Buat esok hari yang cerah
Jika Anda membuat keinginan saya menjadi kenyataan
Kita akan minum banyak anggur beras manis

Teru-Teru-bozu, Teru bozu
Buat esok hari yang cerah
Tapi kalau berawan dan Anda menangis (yakni hujan)
Lalu aku akan potong kepalamu


[youtube] Bdpl3ti70UU [/youtube]

Saya tidak terlalu percaya terhadap mitos yg berkembang tentang Teru bōzu. Tapi suatu hari kalo saya ke Jepang, saya ingin ikut menggantungkan boneka Teru bōzu (yang saya buat sendiri) di luar jendela kamar saya. Unik, sungguh saya suka! ^_^

0 komentar:

Posting Komentar

 

Peoplecuek's Blog Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei | Best Kindle Device